Penandatanganan kerjasama Elnusa-Schlumberger dilakukan secara langsung di Graha Elnusa, Jakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Jakarta, Petrominer – PT Elnusa Tbk (Elnusa) terus optimalkan kompetensi dan sumber daya (resources) dalam lini servis bisnis unit hulu. Salah satunya kerjasama dengan Schlumberger dalam Master Services Agreement (MSA) untuk pekerjaan Well Testing dan Coiled Tubing.

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir, bentuk kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak itu merupakan tindak lanjut dari Master Cooperation Agreement (MCA) yang telah disepakati tahun 2018 lalu. Kerjasama ini merupakan salah satu langkah strategis Elnusa dengan menggandeng Schlumberger yang memiliki teknologi dan resources yang telah berkembang serta mapan di industri migas.

“Ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam kerja sama ini, diantaranya peningkatan kapabiltas dan kapasitas Elnusa sehingga dapat membuka peluang dan market baru yang potensinya cukup besar bagi Elnusa dan juga Schlumberger ke depannya,” ujar Ali usai acara penandatanganan kerjasama tersebut di kantor Elnusa, Jakarta, Kamis (11/2).

Sebelumnya, Elnusa dan Schlumberger telah menyetujui kerjasama lima lini servis dalam MCA, yaitu reservoir characterization, pengeboran, produksi migas, surface production facilities serta integrated services. Sementara MSA merupakan langkah lanjutan, di mana kedua belah pihak sepakat untuk kerjasama dalam lini servis Well Testing dan Coiled Tubing.

“MSA ini merupakan komitmen Elnusa untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kapasitas dalam mendukung Pemerintah mencapai target produksi minyak 1 juta BOPD. Khususnya dalam menjaga atau meningkatkan level produksi nasional saat in,” ungkapnya.

Ali menyatakan yakin, kerjasama ini secara langsung akan meningkatkan kapabilitas Elnusa dalam mendukung sinergi dengan Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional. Tidak hanya itu, kerjasama ini diyakini juga akan menguntungkan semua pihak.

Sementara itu, Managing Director Schlumberger, Devan Keith Raj, menyampaikan, misi utamanya adalah untuk menciptakan teknologi yang dapat membuka akses terhadap energi untuk kepentingan orang banyak. Sebagai organisasi, Schlumberger berkomitmen penuh dalam pengembangan komunitas di mana kami beroperasi.

“Secara khusus dalam kegiatan kami di Indonesia, kami bermaksud untuk mendukung program-program Pemerintah di sektor energy,” ungkap Devan.

Dia juga mengungkapkan optimismenya terkait kerja sama ini, Kerjasama dengan Elnusa ini dianggap sebagai kesempatan turut berkontribusi dalam upaya pencapaian target 1 juta BOPD yang ditetapkan oleh Pemerintah. Apalagi, hubungan dengan Elnusa sudah terjalin dengan baik sejak tahun 1985.

“Bagi kami, Elnusa merupakan mitra yang ideal. Elnusa merupakan salah satu pelaku industri yang kuat di region ini dan memiliki tujuan, visi dan misi yang selaras dengan kami. Kami percaya bahwa kombinasi dari teknologi dan pengalaman yang kami miliki dengan kehandalan yang dimiliki Elnusa dapat memberikan sumbangsih yang berarti dalam mendukung kesuksesan program-program pemerintah di bidang energi dan kemajuan industri migas Indonesia,” ujar Devan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here