Jakarta, Petrominer – Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dengan didukung penuh oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggelar The 9th Indonesia EBTKE ConEx 2020. Penyelenggaraan tahun ini mengusung tema “It’s Time to Invest in Renewable Energy for Energy Transition and Economic Recovery”.

Ketua Umum METI, Surya Darma, menjelaskan bahwa pengusungan tema ini dimaksudkan untuk mendukung percepatan investasi energi terbarukan dan konservasi energi guna mendorong transisi energi menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan, serta pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

Namun karena situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda dan penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, event ini akan dilaksanakan secara virtual pada 23-28 Nopember 2020. Pelaksanaan secara virtual ini juga mengutamakan aspek kesehatan dengan tidak membuat acara untuk orang berkumpul dalam skala besar.

“Meskipun di tengah keterbatasan, tidak menghalangi IndoEBTKE ConEx 2020 untuk memberikan kontribusi dalam industri energi nasional dengan menghadirkan ‘Virtual IndoEBTKE ConEx 2020’. Kami percaya kehadiran event ini dapat mendorong peningkatan ketahanan energi nasional,” ujar Surya Darma dalam acara peluncuran ‘Virtual IndoEBTKE ConEx 2020’ yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom, Jum’at (8/10).

Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif, dan Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Republik Indonesia yang diwakili oleh Harris Yahya selaku Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, serta para pejabat Kementerian ESDM dan kalangan pemangku kepentingan bidang energi khususnya energi terbarukan.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun rangkaian acara yang telah dipersiapkan tidak mengurangi kegiatan layaknya pameran dan konferensi offline. Pameran dan konferensi ini juga tetap memfasilitasi interaksi antara pengunjung dengan peserta pameran dengan menyediakan fitur chat. Kegiatan-kegiatan dalam acara ini mencakup di antaranya virtual opening ceremony, virtual conference, virtual training, virtual expo, virtual field trip, virtual business presentation/stage performance, virtual business matching, dan virtual closing ceremony.

Selain itu, Virtual IndoEBKTE ConEx 2020 juga menghadirkan summit untuk menggerakkan pengembangan energi terbarukan di Indonesia dari semua klaster energi terbarukan yaitu Indonesia Solar Summit, Indonesia Bioenergy Summit, Indonesia Geothermal Summit, dan Indonesia Wind Summit.

“Kehadiran IndoEBTKE ConEx ini telah menjadi rujukan industri tentang bagaimana energi berkelanjutan dapat meningkatkan ketahanan energi untuk masa depan sekaligus investasi untuk pemulihan ekonomi nasional,” ujar Surya Darma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here