Jakarta, Petrominer – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membuktikan janjinya untuk terus menambah jumlah pelanggan gas bumi sepanjang tahun 2018 demi meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Pelanggan terbarunya adalah pabrik infus milik PT Emjebe Pharma di Pasuruan, Jawa Timur. Sebelumnya, PGN juga sudah mulai memasok gas bumi ke beberapa pelanggan baru.

“Kami terus mengupayakan agar manfaat positif penggunaan gas bumi dapat dirasakan oleh seluruh lapisan industri,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, Jum’at (11/5).

Menurut Rachmat, penyaluran gas bumi ke Emjebe sejak awal bulan Mei 2018 ini menambah panjang daftar pelanggan baru PGN di kuartal II 2018. Sebelumnya pada awal April 2018, PGN telah melakukan pengaliran gas (gas in) ke PT Hiruta Kogyo Indonesia, pabrik suku cadang mobil dan produsen aluminium, PT Alexindo. Kedua pabrik tersebut berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Kemudian, pada pertengahan bulan yang sama, PGN mulai memasok gas untuk pabrik permen PT Serba Gurih Indonesia di Pasuruan. Produk dari produsen permen jahe yang legendaris ini disebar ke berbagai negara di dunia.

Jumlah pelanggan PGN terus bertambah. Sejak 1 Mei 2018, perusahaan itu memasok gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang, yang dikelola oleh PT Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkitan Muara Karang. Anak usaha PT PLN (Persero) akan menggunakan gas bumi PGN dengan total volume 50 MMSCFD selama 1 tahun ke depan untuk membangkitkan listrik sebesar 1.700 megawatt (MW) yang akan disalurkan ke pelanggannya.

Selang sehari, PGN juga memasok gas sekitar 15.101 m3 per bulan ke CV Cipta Rasa Nusantara. Produsen bolu Meranti asal Medan yang legendaris tersebut diperkirakan bisa menghemat biaya produksi sebesar 47 persen, setelah mengganti sumber energi dari LPG ke gas bumi yang lebih murah.

Rachmat menegaskan, pasokan gas bumi PGN ini tentunya juga ditopang oleh jaringan infrastruktur yang dikelolanya. Sampai akhir kuartal I 2018, PGN tercatat mengelola jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 km.

Dari infrastruktur tersebut, jelasnya, PGN menyalurkan 1.505 MMSCFD gas bumi ke 196.221 pelanggan dari berbagai segmen, seperti industri manufaktur dan pembangkit listrik, pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta pelanggan rumah tangga. Para pelanggan tersebut tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here