Jakarta, Petrominer — Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Merdeka Copper Gold Tbk mengangkat Colin Francis Moorhead sebagai Wakil Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO). RUPS juga menyepakati perubahan susunan komisaris.

“Rekam jejak Colin di industri tambang emas mineral sudah sangat teruji. Dia telah lebih dari tiga dekade bekerja di sektor eksplorasi dan pertambangan,” ujar Corporate Secretary Merdeka, Ellie Turjandi, usai RUPST yang digelar di Jakarta, Rabu (8/6).

RUPS juga menerima pengunduran diri A.M. Hendropriyono dari jabatannya selaku Presiden Komisaris serta menyetujui Edwin Soeryadjaja untuk diangkat sebagai Presiden Komisaris. Demikian pula pengunduran diri Zannuba Arifah sebagai Komisaris Independen dan digantikan oleh Dhohir Farisi.

Dalam kesempatan itu, RUPS juga mengesahkan laporan tahunan perseroan tahun buku 2015. Setelah melakukan penawaran perdana saham pada Juni 2015, total aset mengalami peningkatan sebanyak 40,5% dari US$ 126,73 juta di 2014 menjadi US$ 178,12 juta di tahun 2015 serta per Maret 2016 juga terjadi peningkatan menjadi US$ 183,83 juta. Hal ini seiring dengan kemajuan konstruksi di wilayah IUP tambang anak Perusahaan, PT Bumi Suksesindo.

Ellie menjelaskan, Merdeka belum memperoleh pendapatan usaha karena sampai saat ini pembangunan proyek masih dilakukan sehingga tambang belum berproduksi. RUPS juga menerima laporan manajemen mengenai realisasi penggunaan dana hasil IPO, yakni hingga 31 Maret 2016, sudah 91% dana IPO yang sudah direalisasikan, yakni 81% untuk mendanai pengembangan wilayah IUP PT BSI; 101% untuk melunasi utang entitas anak; dan 100% terutilisasi untuk modal kerja.

Berikut susunan Pengurus Merdeka:

KOMISARIS
Presiden Komisaris : Edwin Soeryadjaja
Komisaris : Garibaldi Thohir
Komisaris Independen: Richard Bruce Ness
Komisaris Independen: Dhohir Farisi

DIREKSI
Presiden Direktur : Adi Adriansyah Sjoekri
Wakil Presiden Direktur & CEO: Colin Francis Moorhead
Direktur : Hardi Wijaya Liong
Direktur : Michael W. Soeryadjaja
Direktur : Gavin Arnold Caudle
Direktur : David Thomas Fowler
Direktur : Rony N. Hendropriyono
Direktur Independen : Chrisanthus Supriyo

Merdeka didirikan tahun 2012, sebagai perusahaan induk (holding company) dengan dua anak perusahaan PT Bumi Suksesindo (BSI) yang memegang izin operasi produksi dan PT Damai Suksesindo (DSI) yang memegang ijin explorasi atas pertambangan emas, perak, tembaga dan mineral lainnya di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, PT Cinta Bumi Suksesindo (CBS) dan PT Beta Bumi Suksesindo yang juga akan menjalankan kegiatan usaha dalam bidang pertambangan mineral.

Perusahaan tambang mineral ini dimiliki oleh pemegang saham besar yang bereputasi baik (prominent shareholders), yaitu PT Saratoga Investama Sedaya Tbk., PT Provident Capital Indonesia dan Garibaldi Thohir. Pemegang saham Merdeka mempunyai rekam jejak yang terbukti sukses dalam mengantarkan perusahaan-perusahaan dengan bisnis model dan prospek usaha menjadi perusahaan terbuka terkemuka di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here