Balikpapan, Petrominer – PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) baru saja menggelar aksi peduli lingkungan hidup Beach Clean Up di Pantai Sepinggan Raya (Seraya), Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Sebanyak 1,2 ton sampah berhasil dikumpulkan dalam waktu dua jam kegiatan itu yang digelar Sabtu (16/3).

Menurut Chief Administration Officer CKB Logistics, Yushi Triana Ismayudha, mengatakan program Beach Clean Up di Balikpapan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dan tahun ini mengusung tema “Love to Nature”.

“Melalui kegiatan yang digerakkan oleh CKB Logistics ini, kami berharap masyarakat terus menjaga kebersihan dan keindahan pantai di Balikpapan secara berkelanjutan. Masyarakat harus memahami bahwa pantai merupakan aset penting dan memiliki nilai ekonomi tinggi jika dikelola dengan baik melalui program wisata,” ujar Yushi.

Aksi Beach Clean Up diikuti segenap unsur masyarakat yang terdiri dari para murid TK Angkasa, SMKN 1 Balikpapan, komunitas Runners and Cyclist CKB Balikpapan, warga serta satuan TNI LANUD Dhomber, dan Pemerintah Daerah Balikpapan.

Selain melakukan bersih-bersih sampah, CKB Logistics menyumbang 6 unit tempat sampah yang dapat menampung 50 kilogram sampah per unit. Setiap unit tempat sampah itu pun diletakkan di sepanjang kawasan pantai.

“Tempat sampah yang diserahkan merupakan hasil daur ulang (recycle) palet dan kayu dari Warehouse CKB Logisitics yang merupakan hasil kreativitas para karyawan CKB Logistics,” jelas Yushi.

Di akhir kegiatan, para partisipan berhasil mengumpulkan 1,2 ton atau 1.200 kilogram sampah dalam waktu dua jam. Meski belum mampu menyelesaikan masalah sampai di pantai, menurut Yushi, kegiatan Beach Clean Up dapat menjadi momentum bagi masyarakat Balikpapan untuk semakin mencintai kawasan pantainya dengan menjaga lingkungan dari sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here