Penyerahan secara simbolis 22 Ton Pupuk Organik Padat dan 250 Botol Pupuk Organik Cair sebagai bagian dari tahapan Pengembangan Pertanian Ramah Lingkungan melalui Program CSR Saung Patra yang digagas PT Pertamina Gas di Karwang, Jawa Barat.

Jakarta, Petrominer – Di tengah pandemi Covid-19, PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan program kemitraan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di sektor Pertanian, Pertamina telah menjangkau 7.984 UMKM mitra binaan untuk bersama-sama memperkuat ketahanan pangan.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menjelaskan program kemitraan di bidang Pertanian merupakan salah satu sektor yang gencar dilaksanakan Pertamina saat ini. Pembinaan terhadap UMKM Pertanian tersebut dimaksudkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Dari total dana Rp 3,5 triliun untuk UMKM yang telah disalurkan sejak tahun 1993, UMKM sektor pertanian mendapat porsi yang paling besar, yakni sekitar Rp 1,3 triliun,” ungkap Fajriyah, Sabtu (3/10).

Menurutnya, program kemitraan Pertamina terhadap UMKM dapat mendukung upaya mengurangi ekonomi berbiaya tinggi. Program ini juga diharapkan menjadi enabler bagi UMKM untuk mendukung ketahanan pangan yang dikembangkan di sektor pertanian, perkebungan, dan peternakan.

Selain menerima bantuan permodalan, mitra binaan sektor Pertanian ini juga mendapat pelatihan usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil tani. Selanjutnya, untuk memastikan usaha para petani berjalan lancar, Pertamina juga memberikan pendampingan dan monitoring mulai dari proses tanam, hingga masuk masa panen dan pemasarannya.

Sejak tahun 2013 hingga kini, Pertamina memiliki 63 ribu mitra binaan UMKM di tujuh bidang Industri, jasa, perdagangan, peternakan, perikanan,pertanian, perkebunan, dan lainnya. Untuk mendukung keberlangsungan pemasaran, produk mitra binaan yang berprestasi akan mendapat apresiasi berupa publikasi dan masuk dalam catalog mitra binaan unggulan Pertamina SME 1000. Sehingga produk mereka dapat dikenal luas di masyarakat.

“Ketahanan pangan menjadi salah satu aspek penting dari ketahanan nasional. Dengan melakukan kemitraan UMKM di sektor Pertanian, Pertamina dapat berkontribusi nyata bagi ketahanan dan kemandirian bangsa. Ini bentuk investasi sosial Pertamina yang diharapkan dapat berdampak positif bagi perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung,” ujar Fajriyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here