Foto karya almarhum Sony Riswanto untuk Kementerian ESDM.

Jakarta, Petrominer – Bertepatan dengan Hari Pertambangan dan Energi Ke-73, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Penganugerahan Subroto 2018 kepada para stakeholder yang turut berperan aktif membangun sektor energi dan mineral.

Penghargaan diserahkan kepada para pemenang oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Juma’t malam (28/9).

“Acara ini sebagai refleksi bagi kita untuk terus meningkatkan semangat bekerja lebih giat lagi demi memajukan sektor ESDM lebih baik dan lebih progresif,” kata Jonan dalam sambutannya sebelum penyerahan penghargaan tersebut.

Dalam kesempatan itu, para pemangku kepentingan juga diharapkan mampu berkolaborasi dan bekerja beriringan dengan Pemerintah demi mempercepat tujuan pembangunan sektor ESDM sesuai Pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD).

“Saya mengajak masyarakat turut terlibat bersama Pemerintah membangun sektor ESDM. Hal itu akan mempercepat tujuan kita agar sektor ESDM mampu memberikan kemakmuran bagi semua rakyat,” ungkapnya.

Saat ini, Pemerintah tengah menggalakkan kebijakan yang dirasakkan langsung manfaatnya oleh masyarakat, seperti BBM Satu Harga, pembagian konverter kit LPG untuk nelayan kecil, pembangunan jaringan gas kota, pengeboran air bersih hingga Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

“Kebijakan pro rakyat pun terus digalakkan. Uang rakyat kembali ke rakyat,” tegas Jonan.

Menteri ESDM Ignatius Jonan.

Hari Pertambangan dan Energi

Malam Penghargaan Subroto 2018 merupakan puncak dari serangkaian pekan peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-73. Beberapa hari sebelumnya, Kementerian ESDM telah melaksanakan acara sepeda santai dan jalan sehat yang dipimpin oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar pada akhir pekan lalu.

Selain sepeda santai dan jalan sehat, rangkaian awal peringatan HUT PE ke-73 juga diisi dengan beragam perlombaan, seperti Senam Maumere (Gemu Fa Mi Re) dan ESDM Got Talent. Lomba ini diikuti oleh seluruh pegawai Kementerian ESDM dan BUMN Sektor ESDM ini berlangsung meriah.

Sejak tanggal 13 hingga 21 September, rangkaian HUT PE Ke-73 telah diisi dengan PORSENI atau Pekan Olahraga dan Seni. Sementara pada tanggal 18 September 2018 dilangsungkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Selain itu, ziarah ke makam tokoh pendiri Kementerian ESDM yang juga Pahlawan Nasional, Ari Lasut di Yogyakarta pada 22 September 2018 dan diisi dengan pelaksanaan upacara Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-73 pada pagi hari tadi. Apel upacara sendiri diikuti oleh seluruh pimpinan dan pegawai Kementerian ESDM, Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor ESDM, mantan Menteri ESDM dan para undangan.

Peringatan Hari Pertambangan dan Energi dilaksanakan setiap tahun. Hari Jadi pertambangan dan Energi didasari dengan dua peristiwa penting yang bernilai sejarah, yaitu pengambilalihan Gedung Chisitsu Chosasho (Jawatan Pertambangan dibawah Pemerintahan Jepang) dan penggantian nama lembaga menjadi Jawatan Tambang Geologi pada tanggal 28 September 1945. Kedua peristiwa penting ini merupakan landasan utama ditetapkannya Hari Pertambangan dan Energi.

Penghargaan Khusus

Pada Malam Penghargaan Subroto tersebut, juga diberikan Penghargaan Khusus bagi Sonny Riswanto, wartawan dan fotografer Petrominer.
.
Penghargaan tersebut diberikan untuk mengenang jurnalis di sektor ESDM yang menjadi salah satu finalis lomba wartawan energi, namun telah meninggal dunia pada 12 September 2018 lalu.

Sosok Sonny atau yang kerap dipanggil Brot, meninggalkan kenangan dan cerita. Dedikasinya selama hidup, juga tak sedikit memberikan andil dalam sektor energi dan sumber daya mineral. Foto pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi di Waengapan karyanya, menjadi foto terpilih untuk menjadi cover Booklet Energi Berkeadilan Kementerian ESDM.

Menteri ESDM Ignatius Jonan menyerahkan secara langsung penghargaan khusus untuk almarhum Sony Riswanto kepada orang tuanya yang datang dari Purbalingga, Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here