Jakarta, Petrominer – PT Medco Energi Internasional Tbk. (MedcoEnergi) masih melakukan penyelesaian akuisisi Ophir Energy Plc. Keputusan akhir dalam proses akuisisi oleh anak usaha MedcoEnergi, Medco Energi Global Pte Ltd., paling lambat diumumkan pada 20 Juni 2019 mendatang.

Menurut Presiden Direktur MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para pemegang saham Ophir Energy. Dari pertemuan tersebut, 89 persen pemegang saham Ophir telah setuju sahamnya diakuisisi oleh MedcoEnergi.

“Jadi shareholder Ophir sudah. Tapi dalam proses take over itu ada proses resmi yang harus diikuti. Proses legal namanya, itu belum terjadi,” ujar Hilmi, Selasa (2/4).

Saat ini, dia menegaskan bahwa prosesnya masih dalam tahap administrasi dan legal. Diperkirakan seluruh proses akuisisi akan selesai paling lama 20 Juni 2019. “Dari time table yang resmi paling lama 20 Juni, tapi bisa lebih cepat. (Negosiasi) sudah nggak ada lagi.”

Masuknya Ophir dalam Medco Group akan mendongkrak produksi migas perusahaan nasional tersebut. Saat ini, Ophir Energy mampu memproduksi 27 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD). Sementara total produksi MedcoEnergi saat ini mencapai 85 ribu BOEPD.

“Jadi produksi kita akan naik hingga di atas 100 ribu BOEPD,” tegas Hilmi.

Tak hanya itu, dengan bergabungnya Ophir maka akan menyeimbangkan strategis bisnis MedcoEnergi yang selama ini lebih berat di kegiatan produksi dan pengembangan. Sementara Ophir diakui cukup kuat di sisi eksplorasi.

“Nah Ophir ini fit-nya dengan kita bagus. Kita jadi balance antara produksi, pengembangan dan upside eksplorasi. Apalagi diversifikasi geografi. Tadinya kita di 4 negara tiba-tiba kita bisa ada di 12 negara,” jelasnya.

Bulan lalu, para pemegang saham Ophir telah menyetujui tawaran akuisisi MedcoEnergi sebesar £ 408,4 juta (US$ 532,76 juta). Tawaran tersebut meningkat karena sebelumnya MedcoEnergi hanya mengajukan penawaran £ 390,6 juta pada akhir Januari 2019.

Dengan kenaikan penawaran tersebut, harga saham Ophir per lembar menjadi 57,5 pence dalam bentuk tunai, naik dari sebelumnya sebesar 55 pence per lembar. Nilai ini juga meningkat sebesar 73,2 persen dari harga saham yang pertama kali ditawar MedcoEnergi pada 28 Desember 2018, sebesar 33,20 pence per saham.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here