Bogor, Petrominer – Sebanyak 900 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) mulai menerangi jalan-jalan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Infrastruktur tersebut secara simbolis diserahkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, di Pondok Pesantren Miftahul Huda 4, Desa Ciaruten Ilir, Bogor, Rabu (20/3).

Menurut Jonan, pembangunan yang dilakukan pemerintah itu sebenarnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti PJU-TS, yang paling penting itu adalah bisa melayani masyarakat dalam bidang penerangan tanpa menimbulkan tambahan polusi dan tidak ada tagihan listriknya.

Lihat juga: Pakai PJU-TS, Hemat Rp 300.000 per Bulan

Bantuan PJU TS untuk Kabupaten Bogor tersebut merupakan bagian dari program PJU-TS yang dilaksanakan Kementerian ESDM dalam tahun anggaran 2018. Program tersebut menyasar 26 provinsi, 166 Kabupaten/Kota, dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 titik.

“Dari 21.839 titik di seluruh Indonesia, Jawa Barat mendapatkan 2.230 titik. Jadi lebih dari 10 persen ada di Jawa Barat,” jelasnya.

Di tahun 2019 ini, papar Jonan, akan dibangun sekitar 21 ribu titik PJU-TS di seluruh Indonesia. Jawa Barat akan mendapatkan 2.400 titik PJU-TS.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengajak kepada masyarakat untuk turut memelihara dan menjaga PJU-TS dengan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here