Padang Pariaman, Petrominer – Pembagian paket konversi BBM ke LPG untuk nelayan kecil terus berlanjut. Kali ini, sebanyak 314 paket konverter kit diserahkan kepada para nelayan di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Secara simbolis, paket perdana tersebut diserahkan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM), Arcandra Tahar, dan Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid, kepada para nelayan kecil yang berdomisili di Kecamatan Sumai Limau dalam sebuah acara di PPI Pasir Baru, Padang Pariaman, Jum’at (30/11).

Paket perdana yang diberikan terdiri atas satu unit mesin/motor penggerak, satu unit konverter kit dan aksesori pendukungnya, dua buah tabung LPG 3 kg beserta isinya, serta satu unit as panjang, baling-baling, dan aksesorisnya. Konversi BBM ke LPG membuat nelayan lebih hemat dalam hal operasional.

Dengan beralih ke LPG sebagai bahan bakar mesin kapal, para nelayan diyakini bisa lebih berhemat. Pasalnya, dengan menggunakan bensin, nelayan harus merogoh kocek sekitar Rp 135.450 dengan asumsi penggunaan kapal selama 10 jam atau setara dengan 21 liter (Rp 6.450 per liter). Namun, setelah konversi menggunakan LPG, nelayan hanya memerlukan Rp 64.000 atau lebih hemat 50 persen.

“Paket perdana yang telah diberikan, semoga bisa bermanfaat bagi warga nelayan dan bisa mengurangi beban operasionalnya. Pemerintah juga berterima kasih kepada Pertamina yang telah membantu merealisasikan program konversi ini,” ujar Archandra.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, secara simbolis menyerahkan paket perdana konverter kit kepada nelayan,

Pendistribusian paket perdana di wilayah Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I direncanakan sebanyak 3.238 paket, dan untuk wilayah Sumatera Barat sendiri mendapatkan pendistribusian sebanyak 899 paket. Per 25 November 2018 di wilayah MOR I sudah terealisasi pendistribusian sebanyak 2.834 paket perdana dan ditargetkan selesai pendistribusian akhir bulan November 2018.

Pasokan LPG 3 kg tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan nelayan. Pertamina bermitra dengan 19 agen di Kabupaten Padang Pariaman dan 724 pangkalan yang menyediakan LPG 3 kg untuk masyarakat. Secara khusus ada 19 pangkalan yang melayani kebutuhan nelayan di Kecamatan Sungai Limau. Pertamina juga sangat menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan LPG 3 kg sesuai haknya, dan bagi mereka yang mampu diharapkan untuk segera beralih ke Bright Gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here