Jakarta, Petrominer – Sebanyak 16 calon anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Periode 2020-2025 telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar Komisi VII DPR RI sejak Selasa (10/11) hingga Rabu (11/11). Mereka berasal dari kalangan akademisi, industri, konsumen, lingkungan hidup dan teknologi.

Ketua Komisi VII, Sugeng Suparwoto, menjelaskan bahwa 16 calon anggota DEN tersebut lolos dalam proses seleksi yang telah digelar oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak Maret 2020 lalu.

Sejak awal Oktober 2020, jelas Sugeng, Komisi VII telah mengumumkan 16 nama tersebut ke publik sehingga masyarakat dapat memberikan pendapatnya sebelum mereka mengikuti fit and proper test.

“Hasil uji kelayakan dan kepatutan ini akan menentukan 8 anggota baru DEN,” ungkapnya.

Proses seleksi calon anggota DEN dimulai sejak 13 Maret 2020 lalu. Ada 47 orang yang mendaftar. Setelah melalui proses assessment awal, 30 orang lulus ke tahap berikutnya. Selanjutnya, Presiden memilih 16 orang dari peserta yang lulus assessment tersebut.

Para calon anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI melalui surat No. R-40/Pres/09/2020 tertanggal 11 September. Mereka adalah Agus Puji Prasetyono, Taufik, Musri, dan Supriyadi dari kalangan akademisi. Satya Widya Yudha, Abadi Poernomo, Herman Darnel Ibrahim, dan Agus Pramono dari kalangan industri. Daryatmo Mardianto, Eri Purnomohadi, Dina Nurul Fitria, dan Ibrahim Hasyim dari kalangan konsumen. Andhika Prastawa dan As Natio Lasman dari kalangan teknologi, serta Yusra Khan dan Surono dari kalangan lingkungan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here